Rembug Warga Panggung Rejo, Harapkan Air Bersih

Panggung Rejo. Warga Pekon Panggung Rejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu mengadakan Rembug warga berkenaan sulitnya memperoleh air bersih yang digunakan untuk keperluan Air minum sehari-harinya, pada Sabtu (7/9) di halaman salah satu warga setempat.

Dengan suasana santai, malam hari pukul 20.00 wib hingga puku 22.30 wib dipimpin langsung oleh Fasilitator Masyarakat Pamsimas Edi Siswoyo, Yuniar serta WSS (Tehnik)Mujiman, serta para perangkat Pekon Panggung Rejo.

Dalam rembug Warga tersebut dibahas mengenai kegiatan Program Bantuan Pamsimas antara lain
1.Mobilisasi dana Incash
2.Mobilisasi dana Inkind
3.Tarif Setting

Fasilitator Masyarakat Edi Siswoyo, mengatakan, mengenai dana incash yaitu dana iuran langsung dari masyarakat Panggungrejo senilai 14jt 4% dari dana BLM senilai 350 jt,
Dan dana inkind berupa swadaya masyarakat senilai 56jt 16% dari dana BLM senilai 350 jt.
Dana inkind bisa direalisasikan dgn cara bergotong royong dan juga iuran bahan material.
Karna Pamsimas ini berbasis Masyarakat maka warga harus ada keikutsertaan dalam pembangunan sumur bor, dengan tujuan ada rasa memiliki dan untuk jenjang kedepan warga senantiasa terus merawat,melestarikan Sumur Bor dari Pamsimas sebagai sumur sumber kehidupan. Ujar Edi Siswoyo.

Dilanjutkam dengan pembahasan teknis oleh Mujiman selaku Fasilitator Tehnik. Dia menjelaskan untuk tarif setting yg akan dikenakan ke warga.Target sasaran pamsimas di Panggungrejo khususnya dusun 5 itu mencapai 43 SR (Sambungan Rumah) mengenai biaya kembali diserahkan ke masyarakat dengan musyawarah berjenjang,bagaimana kesepakatan warga mengenai iuran bagi warga yang memasang SR.
Namun Pihak Pamsimas menekankan agar supaya iuran tersebut tidak memberatkan warga.apa fungsi dari iuran tersebut untuk perawatan sumur bor jika ada kerusakan atau pun kendala lainnya,dan juga untuk membayar listrik yang digunakan untuk menghidupkan mesin air. Ujar Mujiman.

Lebih jauh Mujiman menjelaskan, Air Pamsimas ini bukan air permukaan,tetapi air dalam dengan minimal kedalaman 50m serta air tersebut sebelum di serahkan ke warga di uji lab (uji kesehatan) oleh petugas sanitarian di wilahah tersebut,apakah sudah benar benar terhindar dari bakteri ekoli dan juga kadar PH yang
Terkandung di air Pamsimas tersebut.
A layak untuk dikonsumsi oleh warga.
Pamsimas hadir membawa kemudahan bagi warga untuk akses air bersih serta memberikan kemudahan sarana kepada warga. Jelas Mujiman.

Sementara itu Kepala Pekon Panggung Rejo, Partono mengatakan, warga Panggung Rejo menyambut antusias dengan kehadiran Pamsimas di Pekonnya, karena disetiap musim kemarau sumur-sumur warga mulai kekeringan dan pastinya susah air bersih. Ujarnya. (@)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *