Bimtek PPK, Pemuthakiran Data Pemilih

PRINGSEWU- Persiapan penyelenggara dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018, berkaitan pemuthakiran data pemilih, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pringsewu (KPU) mengadakan bimbingan teknis kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se Kabupaten Pringsewu, Rabu (10/1) di Aula KPU Pringsewu.

Bimtek yang diikuti oleh 45 anggota PPK se Kabupaten Pringsewu, dibuka oleh Ketua KPU Pringsewu, A.Andoyo, dihadiri oleh Anggota komisioner KPU Pringsewu, Sofyan Akbar Budiman, Hi. Warsito, Hermansyah.

Devisi Pemuthakiran Data Pemilih, Sofyan Akbar M.Pd., memulai bimtek dengan memutar video tentang pemuthakiran data pemilih, disaksikan peserta bimtek PPK.

Sofyan Akbar Budiman, menjelaskan, Bimtek terhadap PPK, akan dilanjutkan ke bimtek tingkat PPS maupun PPDP dimaksudkan, agar penyelenggara PPK, PPS, maupun PPDP memahami dalam melakukan pemuthakiran data dan pencocokan penelitian (coklit) yang rencananya akan dilaksanakan coklit serentak 20 Januari.

Sofyan Akbar Budiman, mengatakan, Pemuthakiran Data dan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan pemilihan, baik pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah. Kualitas daftar pemilih menentukan baik dan buruknya kualitas penyelenggaraan dan kualitas hasil pemilu. Jika daftar pemilih tidak baik, maka proses dan hasil pemilu akan tidak baik. Sebaliknya dengan daftar pemilih yang berkualitas, proses dan hasil pemilu akan menjadi lebih baik, ujarnya.

Sementara itu Hi. Warsito, ST anggota KPU Pringsewu dalam Bimtek memberikan penekanan kepada PPK, PPS maupun PPDP dapat bekerja sesuai dengan buku panduan dan buku kerja PPDP sehingga hasil kerja PPDP dalam melakukan coklit memperoleh hasil yang maksimal.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pringsewu, A.Andoyo, mengharapkan, pada saat pemuthakiran data dalam coklit nanti mohon kepada masyarakat dan semua pihak ikut berpartisipasi aktif dalam memberikan keterangan kepada Petugas Pemuthakiran Data Pemilih (PPDP) saat melaksanakan pencocokqn dan penelitian, dan kita awasi bersama petugas yang melaksanakan coklit benar-benar turun ke lapangan, jangan hanya bertugas dibelakang meja, harapnya.

A.Andoyo, mengatakan, Petugas Pemuthakiran Data Pemilih (PPDP) merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemuthakiran dan pendaftaran pemilih mengrmban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya. Pekerjaan yang sangat penting ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, oleh karena itu sukses tidaknya pemuthakiran data juga dibutuhkan peran aktif kita semua, ujarnya. (@)IMG20180110102549.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *